FSC Vs VLO

hutan2

Dari beberapa sertifikasi ekolabel khususnya hasil hutan (kayu) yang kami ketahui, beberapa diantaranya adalah VLO (Verified of Legal Origin), CoC-FSC, dan Controlled Wood. Penerapan ketiganya dalam industry pada prinsipnya sama, yaitu Penandaan, Penulisan dan Pemisahan pada setiap simpul proses. Pemisahan bertujuan agar tidak tercampur antara kayu yang verified dan tidak.

Perbedaannya terletak pada ketentuan yang ada di hutan / source asal kayu tersebut. Untuk VLO, ternyata bisa berasal dari kayu rakyat atau lahan perseorangan. Untuk FSC, harus berasal dari hutan yang telah bersertifikasi FSC. Sedang controlled wood, berasal dari hutan yang belum bersertifikasi FSC, tetapi dengan syarat dan ketentuan pengelolaannya seperti hutan FSC.

VLO lebih mengutamakan pada legalitas asal – usul kayu. Produk yang telah dihasilkan pada suatu industri harus bisa di lacak (mampu telusur) di mana tonggak batang pohonnya. Untuk FSC dan Controlled Wood, disamping legalitasnya, juga persyaratan prinsip – prinsip hutan lestari, diantaranya bukan illegal logging, penebangan pohon harus mengikuti rencana tebang, berapa diameter minimal yang boleh ditebang, pohon yang ditebang bukan berasal dari hutan lindung, tidak melanggar hak sipil dan adat / tradisi, tidak termasuk hutan konversi dll.

Sertifikasi CoC-FSC dapat meletakkan logo FSC pada produk (logo on produk), tetapi controlled wood dan VLO tidak dapat meletakkan logo pada produk (logo off produk) sehingga sertifikasi FSC betul – betul untuk kepentingan promosi, sedangkan VLO dan Controlled Wood hanya untuk implementasi bisnis. Namun biasanya buyer sudah percaya walaupun tidak on produk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: