Cara Mengurus SVLK Sendiri

Mengurus SVLK terkadang bisa memakan biaya yang besar jika tidak bisa mengurus sendiri. Di internet memang tidak ada informasi lengkap yang membahas secara tuntas mengenai langkah-langkah dan persyaratan mengurus SVLK. Yang ada hanya informasi sepotong-sepotong sehingga bagi yang masih awam akan sulit memahaminya.

Namun sekarang kami telah menyediakan petunjuk-petunjuk dan langkah-langkah serta contoh-contoh dokumen bagi Anda yang akan mengurus SVLK sendiri. Petunjuk tersebut kami susun secara simpel sesuai dengan pengalaman praktek yang selama ini kami alami untuk mempermudah pemahaman bagi Anda walaupun Anda belum mengenal sama sekali apa itu SVLK.

Petunjuk dan langkah-langkah mengurus SVLK berbentuk soft copy sebesar 5 Mb yang bisa diemail ke tempat Anda dimanapun Anda berada. jadi jangan khawatir walaupun tempat Anda jauh dari kami, namun masih tetap bisa terlayani dengan baik. Telah kami setting bahwa petunjuk ini dapat dipergunakan bagi pemegang ijin yang akan mengurus SVLK ataupun yang sudah memegang sertifikat SVLK, namun belum mengetahui secara jelas tentang aturan SVLK yang baru. Pemegang ijin tersebut yaitu :
1. IUIPHHK (tempat penggergajian kayu)
2. IUI (Industri / pabrik kayu skala menengah – besar)
3. TDI (industri / pabrik skala kecil)
4. Tempat Penampungan Terdaftar (pedagang kayu)
5. Pengrajin / industri Rumah Tangga

Agar lebih sistematis dan mudah dipahami, petunjuk tersebut terbagi menjadi 5 bagian yaitu :

Bagian 1
Berisi penjelasan pengertian dan aturan SVLK terbaru yang dikeluarkan Menteri Kehutanan bulan Juli 2014. Anda akan mengetahui peraturan apa saja yang dipakai dalam SVLK, dan kami lampirkan juga peraturan tersebut.

Bagian 2
Menjelaskan jenis-jenis industri berdasarkan proses bisnisnya. Anda akan mengetahui termasuk jenis industri apa perusahaan Anda, serta bagaimana sebaiknya jika Anda akan mengurus ijin baru, atau sudah memiliki ijin, terkait dengan kebijakan SVLK.

Bagian 3
Menjelaskan tentang jenis-jenis bahan baku, suplier / pemasok dan dokumen angkut yang diperlukan. Selain itu Anda akan mengetahui apa dan bagaimana aturan deklarasi Kesesuaian Pemasok (DKP).

Bagian 4
Bagian ini merupakan bagian inti dari persyaratan SVLK yang harus dipersiapkan. Ada empat prinsip yang menjadi persyaratan SVLK yang harus anda kuasai. Keempat prinsip tersebut adalah :
1. Prinsip 1 : Legalitas / Ujin Usaha. Anda akan mengetahui ijin usaha apa saja yang harus dipersiapkan masing-masing jenis industri. Disini juga dijelaskan masing-masing jenis ijin usaha dan fungsinya.
2. prinsip 2 : Legalitas Bahan Baku / Tata Usaha Kayu. Anda akan mengetahui persyaratan pembelian bahan baku, persyaratan di supplier dan bagaimana membuat laporan-laporan administrasi sampai pembuatan Laporan Mutasi Kayu, lengkap dengan contoh dokumen dan cara mengisinya.
3. Prinsip 3 : Penjualan. Anda akan mengetahui dokumen apa saja yang dipersyaratkan untuk pemindah tanganan / penjualan produk kepada orang lain.
4. Prinsip 4 : K3 dan Ketenagakerjaan. Semua contoh persyaratan dokumen K3 dan ketenagakerjaan telah tersedia. Anda cukup edit nama perusahaan Anda saja. Semua lengkap termasuk contoh Peraturan Perusahaan jika Anda belum punya.

Bagian 5
Bagian ini menjelaskan tahapan-tahapan mengurus SVLK yang harus Anda lakukan, termasuk menghubungi Lembaga Sertifikat yang sudah kami lampirkan daftarnya.

file modul vlk

 screenshot petunjuk dan dokumen SVLK siap pakai

BAGAIMANA ANDA BISA MENDAPATKAN PETUNJUK TERSEBUT?

Semua dokumen tersebut bisa Anda dapatkan dengan biaya Rp. 1 juta. Jangan lihat seberapa besar biayanya, namun rasakan nanti manfaatnya. Selain Anda bisa menghemat, Anda bisa menjalankan sistem SVLK dengan baik karena Anda tahu betul seluk beluknya, berbeda jika Anda dibantu konsultan. Selain Anda mendapatkan petunjuk komplit, Anda akan mendapatkan bimbingan gratis via telpon / email pada saat Anda mengurus SVLK, perihal apa saja yang Anda belum mengerti.

BAGAIMANA PENYERAHAN DOKUMEN DAN CARA PEMBAYARANNYA?

Dokumen bisa diserahkan secara langsung lewat pertemuan disuatu tempat atau melaui email. Sedangkan pembayaran bisa tunai ataupun transfer Bank.Tergantung mana yang paling mudah.

BAGAIMANA BISA MENGHEMAT BIAYA MENGURUS SVLK?

Setelah Anda mempelajari petunjuk dan menanyakan hal-hal yang kurang jelas, maka semua persyaratan dan cara mengurus SVLK sudah Anda ketahui tanpa bantuan konsultanpun. Anda cukup membayar biaya Lembaga Sertifikasi saja.  Tentunya akan menghemat biaya yang lumayan besar.

BAGAIMANA JIKA SETELAH ANDA MENDAPATKAN PETUNJUK MASIH KURANG YAKIN LULUS DAN TIDAKNYA AUDIT?

Anda dapat minta bantuan kami untuk melakukan Audit Internal. Dua minggu sebelum audit, kami akan datang ke perusahaan Anda untuk melakukan cecking menyeluruh atas kesiapan persyaratan yang telah anda lakukan. Jika masih ada yang kurang, kami berikan solusi bagaimana pemecahannya. Setelah lengkap, kami jamin lulus. Biaya Audit Internal sebesar Rp. 1 juta belum termasuk transportasi dari dan ke perusahaan Anda.

Jadi, jika Anda akan mengurus SVLK sendiri, segera hubungi kami via sms, telpon atau email untuk pemesanan petunjuk dan contoh dokumen SVLK.

Salam…ome jas

KIRMANTO
Kendal – Jateng
HP : 085 226 325 170 / 085 740 349 242
email : kirmanto@gmail.com

 

2 Comments »

  1. 1
    rudi bali Says:

    salam kenal bapak saya mau info buat expor beberapa pcs table wood dari matrial kayu bongkaran mohon penjelasan nya regards rudi

  2. 2
    nanang purwiyatno Says:

    kami di papua sangat terbatas info svlk…mohon bantuannya…..


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: