Sertifikasi Produk Kayu

Sertifikasi adalah suatu proses untuk mendapatkan sertifikat. Dalam proses ini, banyak hal yang harus dilakukan oleh perusahaan agar sesuai dengan standart yang diminta, mulai perubahan sistem kerja, penambahan fasilitas / SDM dll yang semuanya mengandung konsekuensi biaya.

Jika salah dalam menentukan keputusan perubahan-perubahan yang harus dilakukan, akan berakibat penurunan produktivitas dan kinerja sehingga akan terjadi in efisiensi pada perusahaan tersebut.

Perlukah konsultan pada proses sertifikasi ?

Sebenarnya proses sertifikasi tidak mewajibkan keterlibatan konsultan. Dalam hal ini peran konsultan adalah membimbing / mengarahkan proses yang telah dilakukan perusahaan menuju proses yang disyaratkan standart. Jika SDM perusahaan mampu untuk melakukan sendiri, maka keberadaan konsultan tidak harus diperlukan.

Berdasarkan pengalaman kami, perusahaan yang mengunakan jasa konsultan pada proses sertifikasinya akan menggantungkan sepenuhnya pada konsultannya, mulai dari penyusunan dokumentasi sampai keputusan perubahan yang harus diambil oleh perusahaan. Hal ini dilakukan karena para pengusaha tidak mau repot karena sudah membayar jasa konsultan dengan biaya tinggi, sehingga mereka harus dioptimalkan. Hal ini biasanya berakibat :

  1. Tim pelaksana dilapangan akan kesulitan dalam implementasi pasca sertifikasi, karena mereka tidak terlibat langsung dalam penyusunan dokumentasi sehingga kurang memahami apa yang mereka kerjakan.
  2. Jika konsultannya kurang memahami proses atau latar belakangnya bukan dari industri, maka kemungkinan terjadi hambatan pelaksanaan akan lebih besar. Apalagi jika proses bimbingan tidak membahas masalah mikro, seperti pengisian formulir dll.
  3. Manajemen perusahaan akan sepenuhnya melaksanakan semua kebijakan atau arahan dari konsultannya baik yang berdampak positif maupun negatif karena ada rasa takut untuk tidak melaksanakan kebijakannya karena kekhawatiran terhadap audit badan sertifikasi. Hal ini akan terasa setelah perusahaan tersebut telah mendapatkan sertifikat.

Jika hal tersebut dibiarkan, akan mengakibatkan “kerugian tak tampak” pada perusahaan.

Bagaimana memilih konsultan ?

Kami telah berpengalaman sebagai pelaku proses CoC di industri dan pelaku proses bimbingan, sehingga telah merasakan bagaimana menjadi keduanya. Disini kami akan berbagi rasa kepada anda bagaimana memilih dan memperlakukan konsultan sbb :

  1. Carilah konsultan yang betul-betul menguasai bidangnya, paling tidak latar belakangnya harus sesuai dengan bidang usaha anda.
  2. Mintalah pemahaman sampai riil pelaksanaan dilapangan, seperti pengisian formulir, studi kasus dll.
  3. Setiap kebijakan atau arahan yang dikeluarkan oleh konsultan sebaiknya dipertimbangkan baik-baik, ditanyakan dasarnya, efek positif negatifnya. Jika Auditor yang menjadi alasan, sebaiknya dipertimbangkan lagi, karena menurut pengalaman kami, masing-masing auditor mempunyai pemahaman yang berbeda-beda terhadap standart walaupun berasal dari badan sertifikasi yang sama. Yang penting “back to standart, jangan melenceng jauh dan sebaiknya tidak perlu dilakukan jika tidak tercantum pada standart.

Bravo…

3 Balasan ke Sertifikasi Produk Kayu

  1. dyah wulandari berkata:

    apa sajakah yang ditanyakan audit sebagai bukti implementasi iso 9001:2008
    Dokumen rekaman apa saja yang diperlukan dan dipersyaratkan dalam rangka serifikasi iso 9001:2008

    • pondokmanajemen berkata:

      Biasanya yang ditanyakan auditor saat audit adalah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, seperti manual mutu, catatan/rekaman sesuai dalam klausul dalam standard. Tetapi tidak semua ditanyakan, diambil yang point penting saja.

  2. bastian berkata:

    bagaimana untuk sertifikasi fsc reclaimed untuk product saya.karena saat ini saya produksi mebel dan panel dari kayu bekas kapal dan bongkaran rumah?.tolong infonya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s